Tuesday, January 28, 2014

Depok Beri Beasiswa Bagi 100 Calon Mahasiswa

. Tuesday, January 28, 2014


infodpk | Dinas Pendidikan Kota Depok menargetkan tahun 2014 akan memberikan beasiswa bagi 100 pelajar SMA yang lulus ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan nilai terbaik.

“Setiap orang bisa menjadi pintar, karena ada kesempatan, di Depok banyak siswa miskin yang sudah diberikan kesempatan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Herry Pansila, di Balai Kota Depok, Selasa (28/01/14).

Menurut Herry, target selama lima tahun Kota Depok itu memberikan 100 beasiswa bagi pelajar SMA/SMK dengan nilai mengagumkan. Untuk tahun ini Tahun ini jumlah PTN dan PTS ditambah yakni IPB, dan Unpad, ITB, UI, UNJ, UPI Bandung, dan PTS yakni Universitas Gunadarma.

“Kalau negeri kan ada kriteria masuk negeri, seperti SNMPTN kita pertimbangkan juga hasil rapor selama di SMA kelas 1 sampai 3, minimal ranking 3 besar. 100 mahasiswa selama 5 tahun, tahun 2013 sudah kirim 16. Sisanya kejar target tahun ini. Mereka dapat uang saku bulanan Rp 1,5 juta per bulan, dan bebas SPP, tetapi kalau IP-nya enggak bagus akan dicabut,” paparnya.

Herry mencontohkan bahwa sosok tokoh BJ Habibie banyak melahirkan anak intelektual yan juga memperoleh beasiswa. Ia meyakini banyak calon bibit unggul bangsa lahir dari siswa miskin yang cerdas namun tak memperoleh kesempatan.

“Habibie masa depan akan muncul dari siswa miskin tadi. Ada peran dari teman-temannya, guru dan orang tua. Ada sekolah juga setiap pekan yang melakukan saweran membantu yang miskin tadi. Di tiap sekolah ada tabungan, bantu yg tak mampu, ada orang tua yang membantu keringanan ekonomi, guru bahkan ada yang sisihkan uang dan gajinya karena tak punya anak, akhirnya memiliki siswa yang diangkat menjadi anak asuh,” paparnya.

Tahun 2013, sudah ada 16 lulusan SMA/SMK yang diberikan beasiswa ke dua PTN yakni Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Tahun ini jumlah PTN dan PTS ditambah yakni IPB, dan Unpad, ITB, UI, UNJ, UPI Bandung, dan PTS yakni Universitas Gunadarma.
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


0 komentar:

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
Info Depok is proudly powered by Web CMS Development | Modif by Imam Maulana™