Friday, January 31, 2014

Lima Titik Tanggul Kali Laya Rawan Jebol Di Depok

. Friday, January 31, 2014


infodpk | Setidaknya ada lima titik tanggul Kali Laya di Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok yang kondisinya rawan jebol. Ratusan rumah warga yang secara geografis terletak di bawah kali itu terancam, ungkapan ini terlontar oleh Ketua Pembangunan LPM Kelurahan Tugu, Arifin Laisa saat meninjau kejadian tanah longsor di RT 06/01, Kamis (30/01/14).

Menurutnya, lokasi tanggul yang rawan jebol itu harus mendapat perhatian pemerintah sehingga tidak mengancam warga yang tinggal di bawah kali ada di RT 001 RW 001, RT 08 RW 01, RT 001 RW 002, RT 010 RW 002, dan RT 04 RW 03. Arifin  mengharapkan Pemkot Depok agar tuntas dalam menanggulangi permasalahan Kali Laya tersebut.

“Seperti yang jebol belum lama ini, sebenarnya Pemkot Depok dalam hal ini Dinas BMSDA sudah kami beritahukan agar secepatnya di renovasi, namun tak ada respon yang jelas. Maka dari itu, kami berharap pada titik-titik rawan jebol yang sudah terdeteksi cepat ambil tindakan, jangan sampai kejadian dahulu baru ketar-ketir,” ujarnya kepada infodpk.

Arifin menambahkan, renovasi tanggul Kali Laya membutuhkan sekitar 3 Miliar, sebenarnya kalau Pemkot Depok serius APBD Depok mampu menganggarkan dana tersebut.

“Dari pada pengeluaran dana habis untuk tanggap bencana seperti kejadian jebol tanggul Kali Laya tempo hari, lebih baik renovasi secara tuntas,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RT 01/01, Ujang Muhi mengatakan Pemkot Depok lebih keras lagi terhadap bangunan yang memakan spadan kali, hal itu salah satu penyebab jebolnya tanggul Kali Laya karena menambah beban tekanan dari bangunan itu selain debit air yang tinggi.

“Seperti RT 01/01 ini banyak sekali bangunan liar berdiri tanpa izin di sepadan Kali Laya, Pemkot harus tegaslah sedikit, jangan dibiarkan seperti ini,” pungkasnya.

Warga sekitar Kali Laya semakin cemas melihat arus kali tersebut semakin tinggi seiring hujan belum menurunkan tensinya.
- See more at: http://depoknews.com/lima-titik-tanggul-kali-laya-rawan-jebol/#sthash.u6Yg7DuX.dpuf
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


0 komentar:

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
Info Depok is proudly powered by Web CMS Development | Modif by Imam Maulana™