Saturday, February 1, 2014

Relawan GMP Kelurahan Tugu Tanam 500 Pohon Dibantaran Kali Ciliwung

. Saturday, February 1, 2014


infodpk | Dalam rangka mewujudkan Visi ramah lingkungan berkelanjutan, relawan Gerakan Menabung Pohon (GMP) Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis, Kota Depok adakan gerakan sosial lingkungan dengan menanam 500 pohon di bantaran Kali Ciliwung RT 04/09, Sabtu (01/02/14).

GMP merupakan wujud dari gerakan sosial lingkungan yang memiliki visi Ramah Lingkungan Berkelanjutan dan Misi Menabung Pohon yaitu Aksi Ecopreneurship atau kewirausahaan menanam dan memelihara pohon berkelanjutan dgn pengambilan manfaat ekonomi demi untuk berkelanjutan dan mengembangkan manfaat sosial lingkungannya. Aksi ini di lakukan oleh Relawan GMP dari Pertamina Foundation bekerjasama dengan Relawan Petani Warga Tugu (RPWT).

Koordinator RPWT, Muslimin mengatakan aksi GMP merupakan kegiatan peduli lingkungan bersama-sama masyarakat dalam rangka pelestarian dan perlindungan terhadap pepohonan terutama di bantaran kali.

“Alhamdulillah kami telah melaksanakan kegiatan GMP dengan cara penanaman di lahan warga serta bantaran Kali Ciliwung bersama masyarakat bahkan tokoh serta relawan dari organisasi yang mendukung program ini,” ujarnya kepada depoknews.com.

Muslim menambahkan, hasil dari  GMP ini akan terasa kemanfaatannya secara ekonomi setelah 3 -5 tahun kedepan.

“Program ini sangat membantu dalam hal peremajaan lahan hijau yang juga sebagai pencegah tanah longsor serta membantu penyerapan air , mengurangii polusi dan membantu ketersiadaan Oksigen yang baik, dan yang terpenting ketika sudah ditanam selanjutnya dipelihara secara berkelanjutan, maka di masa depan akan bisa di rasakan manfaatnya baik secara ekonomi maupun manfaat yang lain,” tuturnya.

Senada yang diungkapkan Ketua RT 04/09, Supriyadi menyambut baik GMP karena dari kultur wilayahnya berdekatan dengan Kali Ciliwung yang rawan longsor.

“Aksi GMP kami dukung penuh apalagi wilayah RT 04/09 merupakan kawasan pinggir Kali Ciliwung. Saya juga mengharapkan kepada warga agar peduli dan memelihara pohon yang sudah ditanam agar tidak mati,” pungkasnya.

Kegiatan GMP yang dilakukan di bantaran Kali Ciliwung ini menanam sekitar 500 pohon, diantaranya terdapat pohon Sengon, Jati Kebon (Jabon), Akasia, dan Gaharu.
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


0 komentar:

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
Info Depok is proudly powered by Web CMS Development | Modif by Imam Maulana™